Tips Memelihara Rantai dan Gir Set Sepeda Motor

Salah satu bagian sepeda motor yang kerap disepelekan pemotor didefinisikan sebagai rantai. Padahal rantai pengambil inisiatif memiliki tanggungan yang sangat penting, oleh sebab itu tidak sanggup diremehkan begitu saja. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang, sering-seringlah kian memperhatikan ikatan dan gir set sepeda motor Anda.

Namun pada dasarnya, rantai bawaan pabrik sudah menggunakan teknologi O-ring yang tidak pun diberi pelumas tambahan. Olehkarena itu rantai motor jenis ini telah punya pelumas tertentu di dalamnya. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap diperlukan perawatan beserta pelumas pribadi rantai (chain lube) bagi memperpanjang usia pakainya.

Pada merawat kaitan, tidak dianjurkan untuk memakai oli tanda atau besi untuk membersihkan, karena tersebut justru malah membuat umur pakai ikatan menjadi ringkas. Melumasi ikatan dengan oli bekas telanjurkan akan menyisipkan kotoran yang ada diluar.

Sebab saat umumnya kaitan tidak diberi penutup maka itu langsung berhubungan dengan pendatang, akibatnya buangan mudah menumpang. Terlebih oli bekas yang dipakai melumasi sudah terkontaminasi kotoran perkakas.



Idealnya rantai motor dilumasi cairan chain lube minimal 2 kolam dalam seminggu dan disarankan mengencangkan sengkela sebulan sekaligus. Bagi pemakai motor sport, disarankan memakai rantai bernilai dengan uraian ringan serta tidak memerlukan https://m.tokopedia.com/rr-speed-art perawatan yang ribet.

Bagi motor yang dimodifikasi, perlu penyesuaian renggangan ukuran gir dan pertalian. Jangan datang motor modifikasi dengan babak cepat mempergunakan gir atur standar. Tak lupa pandang gir depan. Kebanyakan pemotor hanya menanggapi gir besok. Bukalah tudung gir hadap, sering-seringlah dilihat dan dibersihkan.



Idealnya pergantian gir atur dilakukan kalau pemakaian telah mencapai 40. 000 km. Tidak masalah mengikuti trend menggunakan gir set bermacam-macam, karena hal itu hanya seksi selera tidak mempengaruhi cara perawatan & performa.

Kalau terpaksa meninggalkan pemotongan emas tempawan rantai, lihat juga umur pakainya. Jika masa membubuhkan masih 3 bulan, tak masalah kaitan dipotong. Lazimnya mekanik berpengalaman tahu buatan lama usia pakai ikatan. Namun apabila ragu serta lebih safety, ada baiknya menukar dengan yang baru. Tetapi untuk kaitan motor Kawasaki Ninja, gak direkomendasikan pertalian dipotong bila sudah kendor.

Terakhir, sangat dianjurkan bagi membeli gir set yang berkualitas per kenyamanan & keamanan Anda ketika berkendara

Write a comment

Comments: 0